Sekilas Tentang Saung Ciburial

Mulai dirintis sejak tahun 2010, Desa Wisata Saung Ciburial Desa Sukalaksana Kecamatan Samarang Garut telah mampu mengubah wajah Desa Sukalaksana dari sebuah desa tertinggal menjadi salah satu desa terkemuka di Garut, bahkan di Jawa Barat. 

Hal ini dibuktikan dengan berhasilnya Desa Sukalaksana sebagai salah satu desa terbaik dalam ajang Lomba Desa Tingkat Jawa Barat tahun 2015.

sebagai inovasi unggulan desa

Kegiatan Desa Wisata sebagai inovasi unggulan desa telah membawa banyak perubahan, terutama terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat dengan terbukanya kesempatan lapangan
kerja bagi warga, diikuti geliat berbagai usaha mikro, kecil, dan menengahyang mulai berkembang dan saling menopang dengan kegiatan desa wisata, serta munculnya upaya-upaya kreatif warga untuk melahirkan berbagai produk unggulan baru yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan menjadi asset desa selanjutnya.

Kegiatan Desa Wisata Saung Ciburial bermula dari prakarsa Kepala Desa Sukalaksana, Drs. Oban Sobana, atas keprihatinannya melihat kondisi desa yang sulit untuk berkembang hanya dengan mengandalkan berbagai bantuan yang saat itu sangat minim didapatkan. Maka ketika ada bantuan dan pendampingan dari PT Chevron, ketika desa-desa lain lebih berorientasi untuk pembangunan fisik infrastruktur jalan, maka Desa Sukalaksana membuat spekulasi dan gebrakan dengan mengarahkan bantuan untuk kegiatan perekonomian melalui program Desa Wisata. Meskipun hal ini tentu saja harus menghadapi tantangan ketidakyakinan dari berbagai pihak. Berbekal keyakinan diri dan modal dasar seadanya, kegiatan Desa Wisata Saung Ciburial mulai launching pada akhir tahun 2010.

Mengusung tema Eco-Wisata dan Wisata Edukasi, kegiatan wisata yang ditawarkan lebih menekankan pada pemanfaatan potensi alam, sosial, serta budaya masyarakat sebagai sebuah produk kearifan lokal setempat. Sesuai dengan namanya, yaitu Desa Wisata, maka apa yang disuguhkan kepada pengunjung merupakan wajah desa seutuhnya dengan segala potensi yang dimilikinya tanpa mengubah tatanan yang sudah ada.

Adapun nama Ciburial yang disematkan dalam kegiatan Desa Wisata di Desa Sukalaksana ini diambil dari nama sumber mata air yang sampai saat ini dimanfaatkan warga setempat untuk berbagai keperluan. Untuk kegiatan desa wisata sendiri mata air Ciburial ini dijadikan ikon serta lokasi pintu gerbang desa wisata. Penggunaan nama Ciburial diharapkan dapat menjadi sebuah filosofi, bahwa kegiatan yang dilaksanakan dapat memberikan berbagai manfaat bagi masyarakat seperti halnya mata air yang tidak pernah kering untuk menjadi sumber kehidupan bagi semua. Berbagai potensi yang disajikan di Desa Wisata Saung Ciburial Desa Sukalaksana diangkat dari keseharian warga sebagai sebuah tatanan yang berusaha terus dipertahankan menjadi ciri khas daerah. Sesuai dengan tema dan motto yang diangkat, yaitu wisata edukasi dan eco-wisata. Para pengunjung diajak untuk belajar lebih mengenal kehidupan masyarakat pedesaan dari berbagai sisi,melalui berbagai paket yang dapat dipilih oleh para pengunjung sesuai minat dan dikemas secara sederhana.